Langsung ke konten utama

Tugas 2 Jarkom 3 Teori ( SWITCHING DAN JARINGAN SEGMENTASI )

Nama:Nor Budi Cahyono
NIM: 09.240.0022

Kelas: 4M41


SWITCHING DAN JARINGAN SEGMENTASI


       Meskipun router dan switch digunakan untuk membuat jaringan perusahaandesain jaringan perusahaan kebanyakan bergantung pada switchSwitch lebih murah per port dari router dan menyediakan pengiriman data  yang cepat pada kecepatan rangkaian kabel.

        Switch sangat mudah berkomunikasi  terhadap 2 perangkat LayerDalam perannya yang paling sederhanaswitch menggantikan hub sebagai titik pusat koneksi untuk banyak hostDalam peran yang lebih kompleksswitch menghubungkan ke satu atau beberapa switch lain untuk membuatmengeloladan menjaga overload dan konektivitas VLANSemua jenis  switch mempunyai proses lalu lintas dengan cara yang samatergantung dari bagaimana digunakan
.



     Lalu lintas switch bergerak berdasarkan alamat MACSetiap pengiriman selalu memeriksa tabel MAC address di memori berkecepatan tinggiyang disebut Content Address Memory (CAM). Switch akan menciptakan tabel setiap kali diaktifkan,menggunakan kedua sumber alamat MAC dari frame yang masuk dan nomor port dimana frame masuk ke switch.



       Switch akan menghapus entri dari tabel alamat MAC jika tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Nama yang diberikan untuk jangka waktu ini adalah (the aging timer); penghapusan entri disebut (aging out).
Sebagai frame unicast yang berhubungan dengan port, switch akan menemukan alamat pada frame MACKemudian mencari tabel MAC, mencari entri alamat yang cocok.
Jika alamat MAC  tidak ada dalam tabel, switch akan menambahkan alamat MAC dan entri nomor port dan set aging timer . Jika alamat MAC sumber sudah ada, switch me-reset agingtimer
    
    Selanjutnya, switch akan memeriksa tabel alamat tujuan MAC. Jika entri ada, akan di teruskan ke depan frame keluar nomor port yang sesuai. Jika entri tidak ada, switch akan mengirim setiap port aktif kecuali port di atas yang telah diterima.





      Dalam suatu perusahaan, ketersediaan kecepatan, tinggi dan throughput jaringan sangat penting. Ukuran broadcast domain dan collision domain  ber imbas pada jalur data. Secara umum broadcast lebih besar dan collision domain berdapak pada variabel misi kritis ini. Jika switch menerima frame broadcast, switch akan mengirimi setiap interface yang aktif, seperti halnya untuk alamat MAC tujuan tidak diketahui. Semua perangkat yang menerima broadcast ini membentuk broadcast domain. switch yang terhubung secara bersama-sama, ukuran broadcast domain meningkat.


       Collision Domain membuat masalah yang sama. Perangkat lebih berperan dalam collision Domain , tabrakan lebih terjadi. Hub menciptakan collision domain yang besar. Switches, bagaimanapun, menggunakan fitur yang disebut microsegmentation untuk mengurangi ukuran coallision domain ke port switch tunggal.
     Ketika suatu host terhubung ke sebuah port switch, switch membuat koneksi khusus. Ketika dua host dihubungkan satu sama lain, switch akan memeriksa tabel switching dan membangun koneksi virtual, atau microsegment, antara port. Switch mempertahankan virtual circuit sampai sesi berakhir. Beberapa virtual sirkuit yang aktif pada waktu yang sama. Microsegmentation meningkatkan pemanfaatan bandwidth dengan mengurangi collision dan dengan mengizinkan koneksi simultan.


     Switch dapat mendukung baik switching simetris atau asimetris. Switch yang memiliki port dari semua kecepatan yang sama disebut simetris. kebanyakan switch memiliki dua atau lebih port berkecepatan tinggi. kecepatan-tinggi ini, atau port uplink, terhubung ke daerah-daerah yang memiliki permintaan lebih tinggi untuk bandwidth. Biasanya, wilayah ini termasuk:
1.      Sambungan ke switch lain
2.      Link ke server atau server farms
3.      Sambungan ke jaringan lain

Koneksi antara port-port mempunyai kecepatan yang berbeda menggunakan switching asimetris. Jika perlu switch menyimpan informasi dalam memori untuk memberikan penyangga antara port dari kecepatan yang berbeda. Asymmetric switch yang umum di lingkungan perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Menara / Tower Listrik dan Komponennya

Pada suatu “Sistem Tenaga Listrik”, energi listrik yang dibangkitkan dari pusat pembangkit listrik ditransmisikan ke pusat-pusat pengatur beban melalui suatu saluran transmisi, saluran transmisi tersebut dapat berupa saluran udara atau saluran bawah tanah, namun pada umumnya berupa saluran udara. Energi listrik yang disalurkan lewat saluran transmisi udara pada umumnya menggunakan kawat telanjang sehingga mengandalkan udara sebagai media isolasi antara kawat penghantar tersebut dengan benda sekelilingnya, dan untuk menyanggah / merentang kawat penghantar dengan ketinggian dan jarak yang aman bagi manusia dan lingkungan sekitarnya, kawat-kawat penghantar tersebut dipasang pada suatu konstruksi bangunan yang kokoh, yang biasa disebut menara / tower. Antara menara / tower listrik dan kawat penghantar disekat oleh isolator. Konstruksi tower besi baja merupakan jenis konstruksi saluran transmisi tegangan tinggi (SUTT) ataupun saluran transmisi tegangan ekstra tinggi (SUTET) yang paling