Langsung ke konten utama

Spanyol Buat Pembangkit Listrik Tenaga Matahari yang Bisa Bekerja di Malam Hari

Pembangkit listrik tenaga matahari Gemasolar memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, pembangkit listrik yang terletak di wilayah Spanyol selatan ini bisa menghasilkan listrik di malam hari, di mana matahari sudah lama tenggelam.

Memiliki 2.650 panel kaca yang tersebar melingkar di wilayah seluas 185 hektar, pembangkit listrik Gemasolar tak ubahnya seperti karya seni raksasa.
Panel kaca ini akan menghantarkan 95 persen radiasi matahari ke receiver raksasa yang terletak di pusat pembangkit listrik.


Pembangkit Listrik Tenaga Matahari Gemasolar
Pembangkit Listrik Tenaga Matahari Gemasolar


Energi panas matahari yang mencapai 900 derajat Celcius itu nantinya akan digunakan untuk menghangatkan ratusan tangki, sehingga nantinya bisa menggerakkan turbin-turbin di area pembangkit listrik itu.

Namun berbeda dengan kebanyakan pembangkit listrik, panas yang tersimpan di tangki Gemasolar bisa didistribusikan hingga lebih dari 15 jam sehari, bahkan meski tidak ada matahari. Wilayah Spanyol yang mendapat cukup banyak sinar matahari memungkinkan Gemasolar beroperasi di malam hari sehingga bisa menghasilkan produksi listrik setidaknya selama 270 hari dalam setahun. Ini berarti produksi listrik di Gemasolar tiga kali lebih banyak dibandingkan pembangkit listrik lainnya.

Pembangkit listrik Gemasolar merupakan proyek kerjasama antara perusahaan energi Masdar dari Abu Dhabi dan firma pembangunan SENER dari Spanyol. Pembangunan fasilitas ini menghabiskan waktu dua tahun dan memaksa kedua pihak mengucurkan dana tidak kurang dari 260 juta poundsterling. Demikian seperti dilaporkan Daily Mail, Selasa (7/6/2011).

Gemasolar diharapkan bisa memproduksi listrik hingga 110 GWh per tahun, yang notabene cukup untuk memasok listrik di 25 ribu rumah di wilayah Andalusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Menara / Tower Listrik dan Komponennya

Pada suatu “Sistem Tenaga Listrik”, energi listrik yang dibangkitkan dari pusat pembangkit listrik ditransmisikan ke pusat-pusat pengatur beban melalui suatu saluran transmisi, saluran transmisi tersebut dapat berupa saluran udara atau saluran bawah tanah, namun pada umumnya berupa saluran udara. Energi listrik yang disalurkan lewat saluran transmisi udara pada umumnya menggunakan kawat telanjang sehingga mengandalkan udara sebagai media isolasi antara kawat penghantar tersebut dengan benda sekelilingnya, dan untuk menyanggah / merentang kawat penghantar dengan ketinggian dan jarak yang aman bagi manusia dan lingkungan sekitarnya, kawat-kawat penghantar tersebut dipasang pada suatu konstruksi bangunan yang kokoh, yang biasa disebut menara / tower. Antara menara / tower listrik dan kawat penghantar disekat oleh isolator. Konstruksi tower besi baja merupakan jenis konstruksi saluran transmisi tegangan tinggi (SUTT) ataupun saluran transmisi tegangan ekstra tinggi (SUTET) yang paling

Tugas 2 Jarkom 3 Teori ( SWITCHING DAN JARINGAN SEGMENTASI )

Nama:Nor Budi Cahyono NIM: 09.240.0022 Kelas: 4M41 SWITCHING DAN JARINGAN SEGMENTASI        Meskipun   router   dan   switch   digunakan   untuk   membuat   jaringan   perusahaan ,  desain  jaringan   perusahaan   kebanyakan bergantung   pada   switch .  Switch   lebih murah   per   port  dari   router   dan   menyediakan   p engiriman data    yang cepat   pada   kecepatan   rangkaian kabel.