Langsung ke konten utama

Robot Indonesia Invasi Amerika


 Pada pagelaran ROBOGAMES 2011 kali ini, Indonesia mengirimkan "pasukan" robotnya yang terdiri dari beberapa group untuk "menginvasi" negeri Paman Sam.

Indonesia yang juga diwakili beberapa Universitas terkemuka sepertiUniversitas Gadjah Mada (UGM)Institut Teknologi Bandung (ITB) danUniversitas Komputer Indonesia Bandung (UNIKOM) saat ini akan berjuang untuk mengharumkan Indonesia di kancah Internasional lewat event ROBOGAMES 2011 yang diadakan di San Mateo di California 15-17 April 2011.


UGM yang diwakili oleh Tim Robot Iron Fire mengaku siap bertanding dalam event ini. Tim Robot UGM yang terdiri atas Farid Inawan, Noer Azis Ismail, Luiz Rizki Ramelan (yang ketiganya dari Jurusan Teknik Elektro 2009) dan Wahyu Wijayanto (Jurusan Teknik Mesin 2008) akan menunjukkan aksi robot mereka (Iron Fire) untuk memadamkan sebuah lilin yang diletakkan secara acak dalam sebuah labirin.

ITB yang juga tidak mau kalah, mengirimkan robotnya yang bernama Zarqun untuk bergabung dengan UGM "menginvasi" Amerika. Iron Fire (UGM) dan Zarqun (ITB) berhak mewakili Indonesia di ajang robot Intrnasional karena sebelumnya kedua robot tersebut berhasil menjadi juara nasional (Kontes Robot Indonesia) yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Malang 2010 silam. Iron Fire menjadi juara 1 pada Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) divisi beroda, sedangkan Zarqun Juara 1 pada divisi berkaki.



Iron Fire Team

Lain cerita dengan UNIKOM Bandung, UNIKOM yang saat ini berstatus sebagai Juara bertahan ROBOGAMES 2010 dalam kategori Open Fire Fighting Autonomous Robotmemiliki beban lebih dibanding tim lain yang juga berasal dari Indonesia karena harus mempertahankan status juaranya. UNIKOM yang mengirimkan 10 robotnya optimis akan berhasil di event ini.



Robot dari UNIKOM

Sebelum event ROBOGAMES 2011 berlangsung mereka juga mengikuti kompetisi serupa di 18th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest yang diadakan di Trinity College, Hartford, Connecticut 9-10 April 2011.

"Mohon doanya. Karena menilik skor tahun-tahun sebelumnya, saya mengakui kalau kita punya kesempatan untuk menjadi juara," ujar Yusrilla Kerlooza Ketua Tim Robot dari UNIKOM yang saya peroleh dari detikINET.

Pokoknya kita kami doakan agar tim dari Indonesia berjaya di event ROBOGAMES 2011 kali ini. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Menara / Tower Listrik dan Komponennya

Pada suatu “Sistem Tenaga Listrik”, energi listrik yang dibangkitkan dari pusat pembangkit listrik ditransmisikan ke pusat-pusat pengatur beban melalui suatu saluran transmisi, saluran transmisi tersebut dapat berupa saluran udara atau saluran bawah tanah, namun pada umumnya berupa saluran udara. Energi listrik yang disalurkan lewat saluran transmisi udara pada umumnya menggunakan kawat telanjang sehingga mengandalkan udara sebagai media isolasi antara kawat penghantar tersebut dengan benda sekelilingnya, dan untuk menyanggah / merentang kawat penghantar dengan ketinggian dan jarak yang aman bagi manusia dan lingkungan sekitarnya, kawat-kawat penghantar tersebut dipasang pada suatu konstruksi bangunan yang kokoh, yang biasa disebut menara / tower. Antara menara / tower listrik dan kawat penghantar disekat oleh isolator. Konstruksi tower besi baja merupakan jenis konstruksi saluran transmisi tegangan tinggi (SUTT) ataupun saluran transmisi tegangan ekstra tinggi (SUTET) yang paling

Tugas 2 Jarkom 3 Teori ( SWITCHING DAN JARINGAN SEGMENTASI )

Nama:Nor Budi Cahyono NIM: 09.240.0022 Kelas: 4M41 SWITCHING DAN JARINGAN SEGMENTASI        Meskipun   router   dan   switch   digunakan   untuk   membuat   jaringan   perusahaan ,  desain  jaringan   perusahaan   kebanyakan bergantung   pada   switch .  Switch   lebih murah   per   port  dari   router   dan   menyediakan   p engiriman data    yang cepat   pada   kecepatan   rangkaian kabel.